Profil Biolaska

    Indonesia merupakan negara megabiodiversity yang memiliki keanekaragaman hayati menduduki peringkat kedua setelah Brazil. Namun ironisnya, sangat disayangkan bahwa kita hanya memiliki sedikit ahli biologi dibandingkan negara-negara maju. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Indonesia untuk memiliki ahli-ahli biologi yang berkualitas dan berdedikasi keilmuan yang tangguh. Selain itu, rutinitas kampus yang monoton memaksa mereka untuk beralih dan keluar mencari udara bebas, bersih dari unsur politik kampus, problematika akademik dan polutan yang lainnya. Dari kegiatan yang bersifat “pelarian”, akhirnya sodoran teori yang terkemas rapi dari bangku kuliah memicu rasa dahaga keilmuan yang hanya terpuaskan dengan pencerahan di alam. Untuk mencapai hal tersebut, tercetuslah ide dari beberapa mahasiswa pendidikan Biologi yang saat itu masih tadris MIPA Fak Tarbiyah, untuk membentuk suatu wadah resmi guna menampung kegiatan mahasiswa dalam bidang penelitian ilmiah dan kepecintaalaman. Organisasi itu bernama BIOLASKA yang merupakan singkatan dari Biologi Pecinta Alam Sunan Kalijaga.

      Biolaska resmi didirikan pada tanggal 19 Juni 2004 dengan disyahkannya AD/ART dan dibentuknya Dewan Pengurus. Tokoh-tokoh yang membidani lahirnya organisasi ini antara lain : Mufid Ahsan Rofiqi, S.Pd, Zaki Alfauri, S.Pd.I, Widada,S.Pd.I, Imam Mustaqim S.Pd.I, dan Umdah Mustarohah, S.Pd.I. Dua landasan pokok yang dipakai  Biolaska dalam menjalankan organisasi adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pancasila. Biolaska memiliki motto organisasi yaitu  “Exploratum in de Universum” yang artinya Ekplorasi Alam. Masa bakti kepengurusan Biolaska adalah 2 tahun dan rekrutmen anggota setiap 2 tahun sekali.

       Kegiatan Biolaska mempunyai sasaran khusus menjaga kelestarian alam sesuai dengan ilmu yang dikajinya. Organisasi ini dituntut untuk menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang tidak hanya menguasai teori di bangku kuliah dan terampil di laboratorium, namun lebih dari itu adalah pemahaman terhadap fenomena alam, pendataan keanekaragaman hayati, dan penerapan ilmu biologi di alam bebas. Karena dalam kegiatannya biolaska mengarah pada penerapan ilmu biologi di alam. Sehingga diharapkan dalam kegiatannya itu, Biolaska mampu membentuk seorang biolog dan kader konservasi yang profesional.

       Dasar Pembentukan Anggota biolaska Sesuai dengan AD/ART yang berhak menjadi anggota biolaska  adalah mahasiswa Biologi dan Pendidikan Biologi Fak. Saintek UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dengan sukarela dan penuh kesadaran akan cinta alam dengan prosedur mendaftarkan diri sebagai anggota Biolaska. Syarat utama untuk diterimanya menjadi anggota biolaska adalah mahasiswa jurusan Biologi yang sehat jasmani dan rohani, yang telah diseleksi melalui pendidikan dasar (DIKSAR) yang telah ditentukan waktunya. Hak dan kewajiban anggota Biolaska adalah berhak mengikuti setiap kegiatan sesuai dengan ketentuan, serta berkewajiban menjunjung tinggi nama baik dan citra Biolaska.

        Sebagai hasil akhir diharapkan setiap anggota Biolaska dapat meningkatkan kualitas keanggotaan dan meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan kegiatan ilmiah maupun kepecintaalaman. Diharapkan pula bagi setiap anggota Biolaska untuk bisa menjalin hubungan kerjasama dan membina komunikasi dengan instansi lain seperti pecinta alam berbasis penelitian, LSM, Lembaga Kemahasiswaaan lain dan instansi pemerintah.

9 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s