Sebuah Catatan Perjalanan: Eksplorasi Mangrove Wanatirta

     Ekosistem Mangrove Wanatirta di Dusun Pasir Wendit, Kulon Progo akhirnya menjadi lokasi eksplorasi oleh Anggota Biolaska disaat weekend. Bersama dengan teman-teman Biologi dan Pendidikan Biologi UIN Sunan Kalijaga pada Sabtu (15/10/2016) eksplorasi dimulai dengan menyisir hutan mangrove dan dilanjutkan di area sekitar pantai. Obyek yang akan diamati antara lain jenis burung, capung, kupu-kupu dan flora  yang mendiami ekosistem mangrove.

     Pengamatan yang dimulai sekitar pukul 11.00 WIB ini diikuti oleh 20 peserta. Kegiatan eksplorasi ekosistem mangrove ini dinilai cukup menarik, seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta bernama Sutan Nur Chamida,”Kegiatan eksplorasi seperti ini sangat berkesan. Kita jadi tau keanekaragaman flora dan fauna di ekosistem mangrove dan akhirnya kita jadi peduli. Saya jadi pengen ikut lagi kalau ada event kaya gini

     Nahhh… bagi Readers dan para citizen science yang ingin menikmati catatan perjalan dan ekplorasi ekosistem mangrove silahkan membaca rangkuman berikut ini.

Apa sebenarnya Mangrove itu ?

     Mangrove (Melayu: mangi-mangi) di Indonesia sebenarnya lebih dipahami sebagai sebuah habitat, meskipun dalam beberapa hal “mangrove” juga disandangkan pada jenis tanaman.

Apa yang menarik ?

     Luas komunitas mangrove  di Indonesia pada tahun 1997 diperkirakan mencapai  4,5 juta hektar. Data yang dilansir dari Wetland Internasional – Indonesian Programme (WI-PI) tersebut bahkan menunjukkan fakta jika Indonesia adalah negara pemilik lahan mangrove terluas di dunia (18-23%), melebihi Brazil (1,3 juta ha), Nigeria (1,1 ha), dan Australia (0,97 ha). Naah.. Subhanallah sekali kan..  akan disayangkan jika para citizen science di Indonesia belum banyak mengenal dan mengerti manfaat akan keberadaanya.

Apa pentingnya ?

Fungsi

     Fungsi ekosistem mangrove tidak perlu diragukan dan dipertanyakan lagi, mangrove adalah lahan produktif bagi fauna yang manusia bolehjadi tergabung didalamnya, melindungi pantai dari abrasi gelombang, angin serta badai.

Eksistensi

     Sebanyak 202 jenis mangrove di Indonesia, diantaranya mungkin saja berstatus resiko rendah (Least Concern), terancam punah (Near Threatened), rentan (Vulnerable), Genting (Endengered), kritis (Critical Endengered), punah di alam (Extinct in The Wild) atau benar-benar punah (Extinct). Seperti jenis Sonneratia alba dan S. caseolaris yang berstatus Least Concern menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) sejak tahun 2010. Tanpa disadari sebab status-status itu dapat bersumber dari minimnya informasi dan minat masyarakat luas untuk mengenal dan menjaganya.

     Soal eksistensi ini memang bukan urusan sepele. Demi memperkenalkan dan menjaga kelestarian mangrove, WI-PI secara blak-blakan menyatakan jika mereka mengalami masalah pendanaan cetak buku panduan mangrove Indonesia dalam versi bahasa inggris. Pada akhirnya Komponen Lingkungan Bank Dunia dan Program Kemitraan dengan Belanda turun tangan untuk menjaga kelestarian mangrove dengan mewujudkan keinginan WI-PI tersebut. Wow.. dengan adanya fakti ini apakah kita tetap berpura-pura tidak peduli ??

Keanekaragaman

     Sebenarnya terdapat banyak jenis flora dan fauna yang ditemukan di ekosistem mangrove Wanatirta, tetapi admin hanya menuliskan beberapa jenis yang dianggap dominan. Gambar 1 adalah kelompok mangrove sejati, dimana keberadannya sangat dipengaruhi oleh pasang-surut air. Sedangkan gambar 2 adalah kelompok mangrove ikutan yang hidupnya berada disekitar ekosistem mangrove sejati tetapi tidak bergantung pada pasang-surut air.

img_9746-tile
Gambar 1. A-B. Bruguiera sp. C-D. Sonneratia caseolaris
img_9751-2-tile
Gambar 2. A-B. Derris trifoliata, C. Calotropis gigantea, D. Passiflora foetida, E-F. Ipomoe pes-carpe
DSCN2310-tile.jpg
Gambar 3. A. Crocothermis servilia B. Orthretum sabina C. Prinia familiaris D. Charadrius javanicus E. Hypolimnas misippus F. Catopsilia pomona

Tabel Jenis Flora dan Fauna Ekosistem Mangrove

tangkapan-layar-2016-10-22-19-21-02

Demikian catatan hasil eksplorasi ekosistem mangrove Wanatirta yang dapat dirangkum oleh admin.

Nah…  jika kita sudah membaca catatan ini maka mulailah untuk – Observe & Learn- ya !!!

Semoga bermanfaat 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s