Burung Isap-madu Australia, Pendatang atau didatangkan di Pulau Jawa?

 

Capture.PNGs.PNGIsap-madu australia atau yang disebut juga Lichmera indistincta merupakan burung berukuran kecil. berwarna abu-abu pada sisi tubuh bagian bawah, dengan bercak tipis yang berwarna coklat pada dada. Warna pada tubuh bagian atas hijau zaitun. Pada bagian sayap terdapat coretan hijau muda. Bagian belakang mata terdapat bitik yang berwarna kuning. Paruh hitam melengkung dan runcing.

Aneh…burung yang seharusnya tidak ditemukan di alam liar pulau Jawa ini berhasil terdokumentasikan di pesisir pantai Purworejo pada bulan April 2016. Burung ini di jumpai pada jam 7.30 pada koordinat S 07˚51’38.638” E 109˚56’24.382”. burung ini sedang sedang menyantap nektar dari manggar (bunga kelapa).

Teringat seminggu yang lalu saat ke pasar burung. Burung yang diperdagangkan salah satunya adalah burung “kacial kombo”. Kalo diliat dari morfologinya kacial kombo sama dengan burung Isap-madu Australia ini. Mungkin kacial kombo adalah nama kerennya. Memang perdagangan burung di Pulau Jawa kini mendatangkan berbagai burung dari luar pulau bahkan antar negara sekalipun.

Apakah burung Isap-madu australia itu lepasan dari warga sekitar? Hal ini bisa saja terjadi. Lantas, kenapa di Pulau Jawa tidak ada catatan perjumpaan dengan burung ini? Padahal pada buku macKinoon (SKJB) burung ini tercatat pernah dijumpai di Pulau Bali dan pada literatur-literatur yang lain burung ini dijumpai di berbagai pulau, seperti: Nusa tenggara, maluku, dan papua. Burung ini juga tersebar di Benua Australia.

Jika dibandingkan, selat yang memisahkan Pulau Bali dan Pulau Nusa Tenggara itu lebih jauh jaraknya daripada selat yang memisahkan Pulau Bali dengan Pulau Jawa. Nah mungkin ini perlu dikaji lebih mendalam. Sama halnya dengan burung Jalak Bali yang hanya dijumpai di Pulau Bali saja. Afrizal Nurhidayat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s