Si Amoebofit yang Doyan Nyelip

nervilia sp

(Jenis Nervillia sp. yang ditemukan di kawasan TNBB)

Salam Konservasi…!!!

Sudah cukup lama ya Biolaska tidak berbagi ilmu dan pengalaman untuk teman-teman semua, untuk mengawalinya saya ingin bercerita tentang oleh-oleh yang di dapat dari Espedisi Narasiwa di Taman Nasional Bali Barat yang sempat kita kunjungi pada awal tahun 2015 lalu. Sebenarnya banyak sekali oleh-oleh menarik yang kita dapat tapi kita ulas satu persatu ya..

Salah satu harta karun yang kita dapat di wilayah TNBB adalah anggrek jenis Nervillia. Anggrek jenis ini dapat kita temukan di dua Resort yang berbeda, yaitu Resort Teluk Terima dan Resort Tegal Bunder dengan kondisi vegetasi yang cenderung lebat dan tanah yang lembab. Seluruh anggrek jenis Nervillia bersifat amoebofit, yaitu sebuah kondisi  dimana munculnya perbungaan yang tidak disertai dengan adanya helain daun. Bunga Nervilia muncul dari umbi semu (pseudobulb) setelah daun gugur dan daun muncul kembali setelah bunga layu, hal inilah yang menyebabkan saya excited dan geregetan untuk bercerita mengenai anggrek mungil ini.

Berdasarkan gambar diatas terdapat tiga jenis Nervillia yang berbeda. Pertama Nervillia crociformis (pojok kiri atas); Kedua, Nervillia plicata (pojok kanan atas) dan ketiga Nervilla glandulosum (pojok kanan bawah). Ternyata saya belum beruntung ketika menemukan si mungil ini, karena anggrek yang saya temukan semuanya belum berbunga. Satu hal lagi yang menarik dari anggrek ini adalah letak keberadaanya yang  saling berdekatan antar individu. Kondisi Nervillia yang cenderung berkelompok tersebut disebabkan adanya umbi atau rhizobium yang berada di bawah tanah. Berdasarkan sifat daun, bentuk daun dan keberadaan umbi dalam tanah inilah yang menyebabkan kita mudah untuk mengidentifikasi bahwa tanaman herbaceus ini termasuk dalam suku orchidaceae (anggrek). Sebagian besar Nervillia yang kita jumpai menyelip diantara rerumputan dan berada di tepian jalur eksplorasi yang kita tentukan, sehingga anggrek jenis ini sangat rawan untuk terinjak atau terlindas oleh motor polisi hutan yang kebetulan sedang melintas.

pageDSCN3318

(Umbi Nervillia crociformis)                                                          (Proses pengambilan data)

Nervilia sebenarnya dapat ditemui di daerah dengan ketinggian 0 hingga 1200 mdpl. Salah satu jenis Nervillia yang pernah saya temui disekitar pantai di Pulau Nusakambangan adalah jenis Nervillia aragoana, berdasarkan kondisi fisik di lapangan Nervillia cenderung tumbuh dengan subur dan berdiameter daun lebar jika berada di bawah naungan vegetasi (teduh) dimana intensitas cahaya tidak terlalu tinggi.

11027511_957099994323825_2883716132728851162_n

(Nervillia plicata)

Mungkin ini saja selingan dari saya sebagai pembuka setelah Biolaska cukup lama istirahat dari aktivitas jurnalistik di media sosial. Mari kita lestarikan bersama kekayaan alam kita dengan mengenal, mempelajari dan menjaganya. Semoga bermanfaat. Salam Konservasi…!!! 🙂

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s