Capung Teman Kita?

Minggu pagi, tanpa mandi cuma asal raup sama sikatan dan langsung nempelin pantat di jok motor, serasa sibuk banget deh pagi itu. Brrrrr,,,dan tiba lah saya di basecamp bionic dengan disuguhi pemandangan seseorang yang sedang nyruput kopi ireng. Dialah pak sigit (enakan dipanggil om sigit).

Oke, pasti semua heboh kenapa saya tiba-tiba nyasar ke basecamp bionic dan ketemu Om Sigit!!! Itu tidak lain dan tidak bukan karena kami <tim pengapung, tim pengamat capung dadakan> ingin belajar bersama dengan adik-adik SD Tumbuh dan family di daerah Pencarsari, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Pengapung bareng ini di gawangi oleh om Sigit yang mendengar keluh kesah para orang tua SD Tumbuh karena anak-anak mereka tidak mengenal baik makhluk-makhluk dan budaya disekitar mereka. Hal tersebut menjadikan kekhawatiran tersendiri dibenak orang tua. Jadilah kegiatan ini, acara mengapung bersama SD Tumbuh dan family.

Kegiatan ini diawali dengan penjelasan dari om Sigit mengenai capung yang ternyata adalah serangga pertama yang ada di dunia dengan panjang sayap 1.5 meter dan selain itu beliau juga memaparkan pentingnya kehadiran capung di dalam ekosistem. Mulai dari kemampuannya dalam mengenali perairan bersih dan perairan kotor, selera makannya yang mampu membunuh jentik-jentik nyamuk dan induk nyamuknya, membunuh hama dan banyak lagi lah pokoknya.

Setelah mendengar cerita panjang kali lebar sama dengan luas, kami pun siap untuk menjadi pengapung. Setapak demi setapak, jengkal demi jengkal, tanah yang pating plenyik  pun terlewati, sawah hijau, sampe sungai setengah asat pun kami lalui. Di perjalanan panjang dalam rangka pencarian kitab suci dan helicopter bernyawa (alias capung), kami pun menemukan beberapa spesies capung yaitu Neurothermis ramburii, Orthetrum sabina, Copera marginipes, Zyxomma obtusum, dan beberapa spesies lainnya.

ImageNeurothermis ramburii- betina

ImageNeurothermis ramburii- jantan

ImageOrthetrum sabina

Diakhir kegiatan ada sedikit kejutan dari mas kukuh yang legi <lemu ginuk-ginuk> yang menyanyikan lagu upil dan lagu capung teman kita.

Ingatkah kamu, Taukah kamu

Serangga kecil yang indah dan hebat

Menari-nari di atas air

Melesat tinggi terbang ke langit

Ia hadir di bumi membawa segarnya udara

Ingatkah engkau kawan, dialah yang disebut capung, ataukah papatong, kinjeng dan taukah kawan

Mari bersama kita kenali beragam rupa dan warna

Mari bersama kita kenali fungsi dan guna tuk smua

Jangan lupa kita jaga, agar lestari hidupnya

Capung teman kita

(song by Tabita Makitan)

Imageom Sigit lagi kasih materiImage

foto barengg 😀

Image

Image

topi spesial pake capung buat mb Magda dan om Sigit

Image

Pasukan capung kecil

thx to om Sigit/IDS, mbak Magda/IDS, Mas Kukuh (upil legi), Mas Aza, Nurdin, Mas Jek, Mb.Dini, Elde, Eyi, Vana, Iza, Paijo, Alpin, Nopi

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s