Mati 1, [Akankah] Tumbuh 1000?

GUGUR LAGI -  Proses penebangan pohon ficus (Ficus benjamina) di sebelah selatan gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN SuKa yang ditebang, Jumat (1/3/2013).
GUGUR LAGI – Proses penebangan pohon ficus (Ficus benjamina) di sebelah selatan gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN SuKa yang ditebang, Jumat (1/3/2013).

YOGYAKARTA, BIOLASKA – Satu lagi pohon ‘tumbang’ di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jumat (1/3). Setelah sebelumnya satu pohon ficus (Ficus benjamina) di depan area Poliklinik kampus ditebang, lalu disusul beberapa pohon di sebelahutaragedung Convention Hall, sekarang giliran pohon ficus di sebelahselatangedung Fakultas Sains dan Teknologi yang ditebang.

Peristiwa penebangan pohon di kampus UIN SuKa begitu memprihatinkan mengingat di kampus ini hanya tinggal sedikit pohon yang berukuran besar. Ungkapan keprihatinan disertai himbauan juga disampaikan Maizer Said Nahdi selaku dosen Biologi, “Saya sangat bersedih, kampus kita oksigennya berkurang. Mari kita tanam lagi di tempat aslinya.” Motif penebangan pohon ini juga kurang begitu jelas. “Pohon tersebut kena angin. Kalau gak disingkirin malah ganggu. Mending ditebang sekalian daripada tumbang dadakan,” ujar Nova Ika R.S, salah satu mahasiswa di kampus UIN SuKa kepada Biolaska (29/12). Pernyataan ini dia ungkapkan menanggapi peristiwa penebangan pohon ficus di depan poliklinik kampusnya. Peristiwa penebangan ini sendiri terjadi pada akhir bulan November 2012.

Sekitar dua bulan kemudian, terlihat kembali adanya aktivitas penebangan, kali ini di area hijau yang berlokasi diantara gedung Convention Hall dan gedung Pusat Bahasa. Kira-kira separuh dari area ini disulap menjadi lahan parkir. Tak ayal sebagian pohon yang berada di tempat tersebut pun menjadi  korban. Meskipun luasnya tidak seberapa namun area ini sangat penting sebagai area hijau. Area seluas kira-kira 9m2 tersebut masih tertutupi oleh rumput serta ditumbuhi berbagai macam pohon antara lain Trembesi (Albizia saman (Jacq.) Merr.), Bambu (Bambusa sp.), dan sebagainya. Pohon-pohon ini menjadi tempat hidup berbagai macam fauna seperti burung. Area ini juga sering dimanfaatkan oleh para mahasiswa sebagai tempat berdiskusi maupun kegiatan lainnya. Namun sekarang sebagian area ini telah dirombak menjadi lahan parkir.

WAJAH BARU – Semoga ini adalah pohon terakhir yang ditebang.
WAJAH BARU – Semoga ini adalah pohon terakhir yang ditebang.

Kasus berikutnya terjadi baru-baru ini yaitu penebangan pohon ficus yang berada di sebelahselatangedung Fakultas Sains dan Teknologi. Pohon ini termasuk pohon besar di kampus ini. Penebangan terjadi pada siang hari sekitar pukul 14.00 WIB dimana pada waktu-waktu tersebut masih berlangsung kegiatan belajar mengajar di kampus, Jumat (1/3). Kali ini motif penebangan belum diketahui secara pasti. Padahal jika dilihat, pohon tersebut berada di area taman khusus, bukan di pinggiran jalan yang logikanya mengganggu pengguna jalan.

Terlepas dari motif apa dibalik peristiwa-peristiwa penebangan tersebut, serta pertimbangan apa yang diambil oleh pihak kampus sehingga membiarkan peristiwa ini terjadi, seyogyanya kita sebagai khalifah di bumi benar-benar menjaga alam yang telah ditipkan oleh Pencipta-Nya. Setelah ketiga kasus diatas, akankah kita masih berpangku tangan? Berdiam diri melihat satu-satunya penyedia oksigen sebagai sumber skehidupan kita tumbang satu persatu? Apakah slogan ‘Mati Satu, Tumbuh Serabu’ hanya akan menjadi sekedar kata-kata semata? Jangan menunggu pihak kampus yang bertindak! Mari kita tanam pohon semampu kita. Karena menyelamatkan satu pohon sama dengan menyelamatkan satu nyawa manusia. (wizarotul haqqoniyah)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s