Oleh-oleh JBW Waduk Sermo Kulonprogo (26/06/11)

          “Saatnya melipat selimut, melawan apa gitu” terus terang lupa Q, yang jelas saat itu pukul menunjukkan kurang lebih 04.30an tiba-tiba ada sms masuk.  Penasaran Q, segera kubuka pesan singkat ini, eeeh jebule si kurik-kurik joko.S,E. kurang lebih pesan singkat tersebut kurang lebih berbunyi seperti  cetak miring di atas  dan berakhir dengan “SALAM KONSERVASI”.. dalam hati  bilang yang bener ne joko jam segini dah bangun. Hehe( peace jack). Kuputuskan pesan ini ku forward ke bu kasuk dini, eeh tak sampai lima menit bu Din lansung bales balik dengan pesan singkat yang sama.. SALAM KONSERVAsI.    Tak beberapa lama kemudian si pioneer aliran koplo biolaska, maniak koplo haha. SMS Spa itu? Kasih tau G ya? (Tutut, 2011)… hoee bangun mas, dah jam stengah 6, kurang lebih seperti itu pesan singkat.

            Jam 6 lebih Q dah siap meluncur ke poliklinik,, eeh ternyata di depan poliklinik sudah  ada mas ucok, mas imam dkk. Wah tenyata broder ari sudah sampe poliknik. Tumben der G bentrok ?  haha Q bilang..”ora yo iki mau tangi jam 5 der,di niati tenan ki.” jawab broder ari.  oya sebelum sampai di poliknik Q mampir beli gorengan dan jahe anget minuman fovoritQ,, buat isi perut.. eeeee jebulnya yang sms tadi pagi belum sampai…Q bilang sma temen-temen jangan 2 joko ni masih tidur haha. Eeee tak lama kemudian si pasangan serasi dateng.. dengan belalang tempurnya, (beliau pernah bilang : mtor nya di juluki belalang tempur) sapa lagi klu g nurdin +joko… ayo langsung beragkat cetus mas ucok.  Sik bentar-bentar..nungguin palupi orangnya masih di mandala krida OTW menuju kesini. Bilang meri. Bebrpa menit kmudian palupi bersama rekannya sampai di depan poliklinik.Tinggal nungguin avid ne,,, akhirnya broder ari menjemput broder avid. Tak sampai lima menit avid+ ari sudah sampai di depan mata.. personel lengkap siappppp meluncur ke ALkiD.

            Eee teryata sesampainya di alKiD  temen-temen PPBJ G ada, ku coba ambil HP ternyata ada sms dan Misccall masuk,, oo,, ternyata mas ucok..”muf langsung ke SMP 16”..
tanpa banyak cing cong langsung rombongan kami menuju ke SMP 16. Sesampainya disana sudah ada rombongan temen-temen scedultsem, Zul, dan beberapa temen-temen pendatang baru, tapi tampaknya pendatang baru wajah lama.. sapa lagi kalau bukan mbak Anggi, mahasiswa fak hukum ugm yang kenal beberapa waktu lalu… tapi ada yang  spertinya ada yang kurang ne,, dimana rombongan tuan rumah (Eni KSSL dkk) kok belum kelihatan  y,, eh beberapa lama kemudian Mas Untung nongol keluar dari sarangnya. Disusul eni dkk mulai berdatangan.

       Lha malahan nurdin malah belum sampe SMP 16,”sik bentar-bentar, konco-konco nggon Q rung lengkap  enteni sediluk..Q bilang ke Zul. Baru aj Q bilang ke zul nurdin bersama  Sari, sudah sampe SMP 16.

          Pukul menunjukkan jam 7.30 lewat G tau lewat berapa, memutuskan untuk berangkat ke waduk sermo. Perjalanan yang kurang lebih memakan waktu satu setengah jam membuat rombongan terpencar-pencar. Bahkan Q bersama beberapa temen-temen KSSL sempet nyasar. Ee tapi untungnya (bukan mas untung lho.. haha) ada yang langsung menghubungi Eni, bilang “mbak sampe mana?”  melalui Hp. “sudah sampe dket rel cetus Eni. Beberapa lama kemudian si empunya JBW kali ini muncul menjemput kami. Langsung aja Q tancap gas dengan kecepatannya semampu Q mengikuti si empu nya JBW. Ee tapi saat perjalan itu, Q sempet kwatir ”lho mana Azkia kok g ada di  belakangQ ?” eeeh jebulnya sesampainya di lokasi, Azkia sudah ada disana, sambil bawa nasi bunkus. G usah pakai lama dan isin-isin langsung kuhantam aj nasi bungkusnya azki bersama broder ari.

          Seperti biasanya, sebelum pengamatan dimulai diabsen terlebih dahulu sekalian pembagian kelompok. Pengamatan kali ini merupakan pengamatan yang luar biasa sperti yang dibilang ketua PPBJ bilang karena jumlah peserta mampu memecahkan rekor sejarah JBW. Peserta JBW bulan ini  berjumlah 70an lebih dengan komposisi dari berbagai komunitas yang berlatar belakang berbeda-beda yang bertujuan sama. Dimana sebelumnnya rekor dipecahkan JBW bulan februari 2010 yang diselenggerakan oleh Biolaska. Untuk pembagian kelompok, kebetulan Q kebagian kelompok tiga. Sambil pembagian kelompok peralatan lapangan dikumpulkan dengan tujuan di bagi rata untuk masing-masing kelompok. Eeee, saat itu panji sambil muter-muter cari binokuler untuk di kumpulkan,, wah dalam hati Q bilang” panji ne pasti cari pentak” maklum pentak menjadi binokuler favorit pengamat burung jogya. Sebelum di ambil panji Q dh berinisitif  untuk G usah ikut dikumpulkan di smpen aj “ ther-ther ki masuke tas mu yo SKJB + binokuler ki?”  Q bilang. “Woke-woke ther”  cetus Ari.  Pada kelompok tiga, karena personelnya cukup banyak, kelompok ini dibagi menjadi 4 kelompok lagi. Kebetulan Q kebagian kelompok 2 bersama mas imam, luluk, endah, broder ari, dan mbak sapa lupa namanya Q yang pastinya mbak dari STTL.

         Untuk kelompok Q kita duduk stay di tempat pembagian kelompok terlebih dahulu, sementara yang kelompok yang lain jalan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan  hasil pengamatan yang berbeda. yaa ini mungkin sedikit beberapa burung yang kuingat yang teramati oleh kelompak Q,,,

  1. Cinenen pisang
  2. Cinenen jawa
  3. Perenjak jawa
  4. Bubut UI
  5. Cucak kutilang
  6. Cucak kuning
  7. BM sriganti
  8. Bondol jawa
  9. Walet linchi
  10. Perenjak padi
  11. Kehicap ranting

            Habis pengamatan, agenda seperti JBW biasanya presentasi  hasil diskusi hasil pengamatan masing-masing kelompok. Namun JBW kali ini sedikit berbeda dengan JBW-JBW sebelumnya, karena pada JBW  ini kehadiran tamu luar biasa.  Spa tu kasih tau G ya?  hahaha(Tutut, 2011). Ya udah deh berhubung Q memang baik hati (haha PEDE…) tak kasih tau deh, JBW ini kedatangan pak adang + bu diah. Spa sih pak adang +bu diah tu? Penasaran y? pak adang + bu diah tu salah satu pegawai fungsionaris BKSDA jogya. Beliau menyampaikan beberapa uneg-uneg yang menarik sekali menurutQ sih,, emag ap sih kok menarik tu?… kasih tahu G y?(Tutut,2011) haha..

          Sesi pertama pak adang menyampaikan sejarah dan latar belakang waduk sermo. Kenapa sih waduk sermo dijadikan sebagai kawasan konservasi? alasan pertama  dan  yang paling mendasar, berdasarkan survey waduk sermo merupakan habitat alami elang hitam (Ictinaetus malayensis/ black eagle).  Pada awalnya hutan ini sering dimanfatkan oleh penduduk setempat untuk memebuhi kebutuhan hidupnya. Kemudian setelah dilakukan beberapa kali survey kawasan ini memang cukup menarik untuk dijadikan sebagai hutan peneletian. Selain itu alumni fak kehutanan ugm ini juga menyampaikan sedikit menyinggung tentang kader konservasi. Ngomong-ngomong kader konservasi BKSDA jogya akan mengajukan Zul dan Shaim sebagai kader konservasi tingkat nasional. Waah dalam haati panas kie.. wah kalah start kita terus Q ngomong sama avid wah kita klu bisa juga harus bisa,” wah temen-temen bionic gerakane ngeri vid”  konco-konco bionic pinter memanfaatkan peluang +jaringan.” Bapak yang dulu pernah berkecimpung di KP3 ini juga menyampaikan upaya koservasi burung di kota, salah satunya konservasi gelatik jawa di hotel melia polosari.

          Beranjak ke sesi berikutnya ibu diah yang merupakan pejabat fungionaris BKSDA bagian PEH (Pengelola Ekosistem Hutan). Diawal sesi  ini, beliau menyampaikan tentang  beberapa kawasan konservasi di jogya dengan berbagai latar belakang masing-masing. SM Waduk sermo memiliki luas area 181 ha di Kuloprogo, SM paliyan memiliki luas 434 ha di Gunungkidul, CA imogiri kurang tau luasnya lupa Q,, Emg Q lupa atau pas di jelaskan  Q pas kedep, CA gunung gamping < 10 ha klu tepatnya dimana juga kurang tau Q, barang kali bagi temen-tmen yang baca ini  dan klu tau tepatnya dmana kasih tau y.. Ibu yang pada saat itu bawa buah hatinya juga menyampaikan agenda 2011-2012  salah duany adalah kedepan  akan mengangkat  potensi kawasan karst di jogya dan akan mengadakan kemah konservasi. kemah konservasi ini bertujua unutk menyadartahukan akan pentingnya konservasi, sasaran siswa-siswi tingkat SMA, mahasiswa pecinta alam dan kalangan akademisi maupun masyarakat umum yang tertarik dengan konservasi. Di akhir sesi beliau menyampaikan infomasi yang menarik  sekali bagi kita yang  suka curhat ilmiah (haha) dalam bentuk coretan-coretan hasil tarian tangan di atas keyboard, yang merupakan sebagai bentuk aktualisasi uneg-uneg yang tidak hanya bertengger dalam ubun-ubun. gmna dong G maksudnya ?  dong ora E (Nurdin, 2011)Haha.. pokmen intinya menantang atau mangajak kita untuk menulis apapun yang kita lakukan, kita pikirkan, dan kita temukan untuk dikirim ke buletin WARTA KONSERVASI. Lalu caranya gmana sih? Tulisan di kirim melalu email ini : buletinksda.yk@yahoo.com dengan syarat dan ketentuan tulisan masih orisinil belum pernah di terbitkan ke media elektronik maupun media cetak, tidak hasil CoPas. Ya lumyan lo klu bisa masuk, dapet bonus tambahan buat mbolang haha. pingin tau G berapa bonusnya? Kasih tau G ya? (Tutut,2011) haha, ya deh berhubung Q memang baik hati (haha PDE) tak kasih tau deh, bonus nya sebesar 150 rbu dipotong pajak 5 %.

         Setengah jam sudah berlalu, kemudian diikuiti dengan sesi Tanya jawab. Pertanyaan pertama di ajukan oleh Zul, “kemah konservasi tu kapan di adakan bu?”  kemah konservasi akan di adakan tahun depan 2012, kemah ini di adakan bertujuan selain penyadartahuan ttg pentingnya konservasi, untuk menelusuri kader-kader konservasi. Saat itu juga Q kepikiran” wah jangan sampai kita biolaska ketinggalan ini” dan lansung bilang ke avid , harus bisa mengambil moment penting ini..

         Yyaa kira-kira sperti itulah sinkat cerita perjalanan JBW waduk sermo..Oya dink ada yang lupa setelah selesai acara sharing dan Tanya jawab,  Q sempet menanyakan “oya bu untuk tulisan yang di kirim itu berbentuk ilmiah atau cerita populer?” cerita populer  aj, yang memuat ada segi keilmiahannya. Kata ibu diah.” Berarti sperti cerita-cerita perjalanan itu bisa bu ?” Q tanya “ iya bisa” Jawab ibu diah. Mungkin kurang lebih seperti itulah oleh-oleh JBW Waduk Sermo. Semoga bermanfaat… aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaminnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s